SMS Polling & Broadcast Gunakan untuk Kampanye di US


Dimasa sekarang ini, para calon dari partai republik dan partai demokrat sedang berkompetisi untuk meraih suarah terbanyak agar dapat menjadi presiden pada pemily yang akan datang. Jutaan Dollar dikeluarkan untuk mendapatkan hati daripada pemilih, jadi dengan menngunakan berbagai macam media guna meluncurkan promosi kampanye.
Mungkinkah Telepon Cellular dapat digunakan sebagai media kampanye oleh calon presiden Amerika tersebut ? Tentu saja sudah pasti, karena ada salah satu perusahaan di Amerika yang menggunakan strategi ini. Yaitu kampanye pemasaran dari 2 kandidat partai demokrat, yaitu Barrack Obama dan HillaryClinton.
Perusahaan yang menjalankan kampanye dari kedua calon partai demokrat tersebut adalah Perusahaan Limbo, Dan perusahaan Limbo telah mengirimkan lebih dari 1 juta sms dalam dua kali promosi kampanye. dan meginformasikan hasil kampanye dengan mengumumkanya, merubah perilaku penerima sms, dan persepsi mereka mengenai calon yang akan dipilih.

Kekuatan dari seratus enam puluh karakter sms yang menjadi sebuah media yang sangat berguna. Seperti yang kita ketahui penggunaan sms sebagai media kampanye bukan menjadi sesuatu yang baru di dunia ini, termasuk di Indonesia. Tetapi ada beberapa faktor yang perlu di perhitungkan sebelum melakukan kampanye sms / sms broadcast / sms bulk yaitu :
  1. Penentuan Tujuan Dari Promosi Kampanye.

    Penting sekali dalam promosi kampanye adalah menentukan tuujuan dari promosi kampanye tersebut, apakah hanya bertujuan untuk mendapatkan brand awarenesssaja, atau mungkin untuk peningkatan product awareness, dan lain sebagainya. Penentuan tujuan dari promosi kampanye merupakan hal yang sangat vital dan akan memberikan dampak yang besar terhadap semua kegiantan kampanye yang lainya, mulai dari sms content, database, etc.
  2. Sms content.

    Hanya dengan seratus enam puluh karakter, kita harus memaksimalkan kreatifitas, supaya pesan yang ingin di informasikan dapat tercakup dalam seratus enam puluh karakter itu. Dan penentuan inti / maksud dari pesan juga merupakan hal vital, dan sebaiknya maksimal hanya satu pesan saja, karena semakin banyak pesan yang disampaikan akan semakin membingungkan orang yang membaca. Maka ada baiknya sebelum mengirimkan buatlah list yang akan disampaikan, seperti : informasi dari promosi, nomor telepon hunting, alamat, dsb. Jika pesan anda melebihi satu karakter saja dari maksimum seratus enam puluh karakter, maka biayanya juga menjadi 2 kali lipat. Jadi sebaiknya Anda membuat konten sms anda menjadi singkat, jelas, tepat, mengena.
  3. Database dari penerima sms.

    Database merupakan salah satu kunci yang sangat vital. Database dituntut untuk valid. karena semakin jelas database maka akan semakin baik pula hasilnya. Dengan database yang jelas Anda dapat menentukan kepada siapa Anda ingin mengirimkan sms tersebut. Dan anda harus memastikan sms yang anda kirimkan bukanlah SPAM, caranya adalah dengan meminta izin kepada si penerima, apakah mereka setuju untuk dikirimkan sms broadcast/bulk/kampanye tersebut. Selain itu letak demografis dari database yang dikirimkan akan sangat mempengaruhi isi dari sms content, seperti bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada anak muda tentunya berbeda dengan orang yang sudah berumur.
  4. Umpan balik dari promosi kampanye.

    Ada perbedaan yang mendasar antara mobile marketing dengan promosi kampanye. Perbedaan tersebut yaitu mobile marketing dapat menerima umpan balik secara langsung dari kampanye pemasaran tersebut. Jadi dengan membroadcast informasi yang ingin disampaikan perusahaan anda melalui sms, maka secara tidak langsung anda dapat meminta umpan balik dari pelanggan anda dengan megirimkan sms reply. Dan sms reply ini dapat di hitung guna mendata berapa umpan balik yang didapat dari promosi kampanye Anda. Tentunya dengan menggunakan sms pemasaran dengan fitur umpan balik akan lebih mahal biayanya daripada sms broadcast biasa