RUDIANTARA - Menkominfo Kabinet Kerja Jokowi - JK


JAKARTA,  Minggu (26/10/2014) sore, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan susunan resmi Kabinet Kerja untuk periode 2014-2019. Di antara 34 menteri yang diumumkan terdapat nama Rudiantara. Pria 55 tahun ini ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) yang baru.






dari situs Kominfo, Rudiantara yang lahir di Bogor, 3 Mei 1959 adalah profesional kawakan yang telah berkiprah selama puluhan tahun di industri telekomunikasi Indonesia. Dia pernah berkarir di tiga operator seluler terbesar di Tanah Air.



Perjalanan Rudiantara bermula pada 1986. Setelah menyelesaikan studi bidang Statistik dari Universitas Padjajaran, dia bekerja sebagai General Manager Pengembangan Bisnis di Indosat.



Sekitar 10 tahun setelahnya, pada 1996, Rudiantara menjabat sebagai COO PT Telekomindo Primabhakti. Pemegang gelar MBA dari IPPM-Indonesia ini kemudian mengisi posisi sebagai direktur di PT XL Axiata Tbk (dulu PT Excelcomindo Pratama Tbk) sejak 2005. 



Dia sempat berkiprah di luar industri telekomunikasi dengan memegang dua jabatan sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways dan CEO Transpacific Railways Infrastructure, Wakil Direktur Semen Gresik, kemudian menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) pada 2006. 



Di PLN, Rudiantara berperan besar dalam mencari pendanaan untuk proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt. Tapi dia kemudian mengundurkan diri dan kembali ke dunia telekomunikasi sebagai Komisaris Independen di PT Telekomunikasi Indonesia pada 2011, kemudian Komisaris Independen di PT Indosat Tbk sejak akhir 2012.



Rudiantara juga aktif di berbagai organisasi lain, termasuk sebagai Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Indonesia (ATSI). Terakhir, dia tercatat sebagai Komisaris utama PT Rukun Raharja sejak Juni 2014. 



Rudiantara menyisihkan nama-nama lain yang sempat disebut sebagai calon Menkominfo, seperti Dirut RRI Rosarita Niken Widiastuti, ketua APTIKOM Richardus Eko Indrajit, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora dan mantan Humas Kemenkominfo 
Gatot S. Dewa Broto, praktisi IT Onno W. Purbo, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait.



Selama lima tahun ke depan, Rudiantara sebagai Menteri Kominfo akan menghadapi tugas berat membereskan permasalahan TI di Indonesia hingga lima tahun ke depan. Tantangan yang akan dihadapi antara lain peningkatan infrastruktur dan kecepatan internet dan tata kelola frekuensi di Indonesia.