Rintisan lagi, Facebook akan mengkoneksikan dunia dengan Drone, Satelit, dan Laser

TechnoUp.com - Jika Google saat ini tengah merambah ke bisnis penyedia internet, Facebook juga mulai melakukan hal yang sama. Facebook baru-baru ini mengumumkan Connectivity Lab, sebuah tim yang dibuat khusus untuk mengembangkan teknologi komunikasi internet secara nirkabel. Jika Google menggunakan balon udara, Facebook menggunakan drone (pesawat tanpa awak), satelit dan laser.

"Dalam upaya kami menghubungkan seluruh dunia dengan Internet.org, kami telah mengerjakan sejumlah cara untuk menghadirkan internet ke orang-orang dari langit. Hari ini, kami berbagi beberapa detil tugas yang akan dilakukan Facebook Connectivity Lab yaitu (mereka) sedang membangun drone, satelit dan laser untuk menghadirkan internet ke semua orang," tulis CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook resminya.
Dalam sebuah video, Facebook Connectivity Lab menjelaskan secara singkat cara kerja pendistribusian internet tersebut. Penggunaan satelit diperuntukan lokasi dengan kepadatan penduduk rendah. Beberapa satelit akan diluncurkan pada orbit yang sudah ditetapkan, agar bisa memberikan cakupan sinyal laser tak terlihat secara simultan.
"Di tim kami, ada beberapa pelopor dalam bidang ini yang menyebutnya sebagai free space optics, karena mampu mendistribusikan secara nyata, data stream berkapasitas luar biasa tinggi -- mirip dengan apa yang Anda temukan melalui jaringan serat optik -- di udara," kata Yael Maguire.
Sementara untuk lokasi pinggiran kota, Facebook menyediakan drone yang mampu terbang pada ketinggian 20.000 meter. Drone ini mampu terbang selama berbulan-bulan karena menggunakan tenaga surya. Secara teori, drone mampu menawarkan akses internet lebih baik dari satelit karena jaraknya lebih dekat

No comments:

Post a Comment