Mark Zuckerberg ke Borobudur, Jogja, dan Jakarta

ZuckerbergPendiri Facebook Mark Zuckerberg tiba di Indonesia dan mengunggah foto dari puncak Candi Borobudur pada Minggu (12/10) di fan page Facebooknya.

Mark Zuckerberg mengatakan berada di Borobudur Magelang Jawa Tengah dan akan bertemu dengan sejumlah pihak untuk membahas Internet.org di Jakarta.

"Saya baru saja tiba di Indonesia dan naik ke atas Borobudur untuk melihat matahari terbit. Besok untuk Internet.org akan bertemu dengan para pengembang, operator mitra dan pemimpin pemerintah di Jakarta," tulis Zuckerberg pada Minggu pagi.



Internet.org merupakan aplikasi yang menyediakan akses bagi masyarakat di wilayah terpencil untuk mendapatkan layanan akses internet dasar.

"Kami percaya, konektivitas merupakan sebuah hak asasi manusia dan salah satu tantangan fundamental untuk generasi kita," kata Zuckerberg di India, seperti dikutip dari AFP.

Di Indonesia akses internet baru dapat dinikmati 82 juta dari total jumlah penduduk sekitar 253,60 juta jiwa.

Dia membantah tuduhan bahwa dia menciptakan monopoli dalam mengakses konten online di negara berkembang, dengan mengatakan para operator seluler bebas memutuskan layanan mana yang akan mereka gunakan, dan tidak harus menyertakan Facebook.

Sebelum ke Indonesia, Zuckerberg mengunjungi India selama dua hari dan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi membahas mengenai penggunaan media sosial dan ingin membantu PM India untuk berhubungan dengan penduduk desa di negara itu.



Zuckerberg juga menyampaikan ketertarikannya bekerja sama dengan pemerintah di sektor kesehatan dan pendidikan.